Kamis, 17 Mei 2012

PandaLab: 80 Persen Virus yang Beredar adalah Trojan

Jakarta: Sebanyak 80 persen virus atau malware yang beredar di jaringan adalah Trojan. Data itu merupakan laporan yang dihimpun PandaLab yang mengidentifikasi lebih dari enam juta sampel malware baru selama Januari hingga Maret 2012.

Apa itu Trojan? Ini adalah jenis virus komputer yang menginfeksi gadget Anda tanpa Anda sadari. Diam-diam dia merusak dari dalam. Biasanya Trojan akan menyamar dalam bentuk file atau program seperti pada PDF, sehingga pengguna tidak tahu bahwa itu virus berbahaya. Jenis ini juga tidak mereplikasi diri seperti worm atau virus kebanyakan.

Dulu, jenis worm memang terbanyak menginfeksi komputer. Tapi selama tiga bulan belakangan ternyata Trojan lebih mendominasi. Definisi malware sendiri sudah semakin blur sejak para kriminal cyber melakukan banyak inovasi. Kini Trojan menjadi bagian yang lebih besar dari serangan malware di masa lalu.

PandaLabs menemukan satu jenis virus yang mereka sebut sebagai “Trojan Polisi”. Banyak korban menerima  pesan seolah-olah dari Departemen Keadilan Amerika yang menginformasikan mereka telah melanggar hukun dengan mengakses situs pornografi anak-anak, sehingga harus membayar denda tertentu jika tak ingin komputernya di-banned.

Menurut PandaLabs, negara yang komputernya paling banyak terinfeksi malware adalah China (54,10 persen), Thailand (47,15 persen), dan Turki (42,75 persen). Disusul kemudian oleh Rusia, Peru, Ekuador, Spanyol, Argentina, Polandia, dan Chili. (Securitynewsdaily.com/DOR)

0 komentar:

Posting Komentar